Jumat, 29 April 2011


Manusia ke Mars 10-20 Tahun Lagi

| antariksa

Manusia ke Mars 10-20 Tahun Lagi
NASA
 
Sebuah perusahaan antariksa swasta dari AS berharap kirim astronot ke Mars 10 hingga 20 tahun lagi.
 
"Tujuan utama kali adalah mentransfer manusia dan berbagai benda ke planet lain. Setelah itu, terserah orang mau ke mana lagi," kata Elon Musk dari perusahaan SpaceX kepada Wall Street Journal Sabtu lalu.
 
Musk mengatakan akan menjalankan misi ruang angkasa berawak pertama sekitar 3 tahun lagi. "Setelah itu, kami akan ke Mars. Paling cepat 10 tahun lagi, paling lambat 15 hingga 20 tahun," katanya.
 
SpaceX merupakan salah satu dari dua perusahaan swasta yang bergerak di bidang antariksa. Perusahaan berbasis di California ini sudah memenangi 75 juta dolar AS dari NASA untuk mengembangkan pesawat antariksa pengganti pesawat shuttle.
 
NASA memang mengharapkan partisipasi swasta setelah program shuttle berakhir. Hal ini bertujuan untuk mengisi kekosongan generasi masa depan pesawat angkasa yang membawa astronot ke luar negeri. "Manusia menjelajah bintang-bintang merupakan masa depan yang menggairahkan. Kami mencoba mewujudkannya," Musk menambahkan.
 
Di awal bulan ini, SpaceX sudah mengumumkan sebuah roket yang diklaim terkuat di seluruh dunia. Demonstrasi roket bernama Falcon Heavy tersebut akan dilakukan pada akhir 2012. Alat peluncurnya didesain untuk ditumpangi satelit atau pesawat yang beratnya lebih dari 53 ton--dua kali kapasitas peluncur Delta IV Heavy. (Sumber: Discovery News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar